The World 500 Most Influential Muslims Edisi 2018


The World 500 Most Influential Muslims (500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2017, Edisi 2018).Ada sekitar 1,84 miliar Muslim di dunia saat ini, yang menghasilkan 24,38% populasi dunia, atau hanya di bawah seperempat umat manusia. Serta menjadi warga negara masing-masing, mereka juga memiliki rasa memiliki 'ummah', komunitas Muslim sedunia.

Publikasi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa umat Islam terhadap komunitas ini, atau atas nama masyarakat. Pengaruh adalah: setiap orang yang memiliki kekuatan (baik itu budaya, ideologis, finansial, politik atau lainnya) untuk melakukan perubahan yang akan memiliki dampak signifikan terhadap dunia Muslim. Perhatikan bahwa dampaknya bisa positif atau negatif, tergantung dari sudut pandang seseorang tentunya. Pemilihan orang untuk publikasi ini sama sekali tidak berarti bahwa kita mendukung pandangan mereka; Sebaliknya kita hanya berusaha mengukur pengaruhnya. Pengaruhnya bisa berasal dari seorang sarjana agama yang secara langsung menangani Muslim dan mempengaruhi keyakinan, gagasan dan perilaku mereka, atau bisa juga penguasa membentuk faktor sosio-ekonomi di mana orang menjalani kehidupan mereka, atau seniman yang membentuk budaya populer. Dua contoh pertama juga menunjukkan fakta bahwa daftar, dan terutama Top 50, didominasi oleh sarjana agama dan kepala negara. Pengaruh mereka yang dominan dan abadi tidak dapat dipungkiri, terutama para penguasa, yang dalam banyak kasus juga menunjuk ilmuwan agama ke posisi masing-masing.

Publikasi ini memilih individu Muslim dari berbagai kategori pengaruhnya, 13 secara keseluruhan:
1.       Ilmiah
2.       Politik
3.       Administrasi Agama
4.       Pengkhotbah dan Panduan Spiritual
5.       Filantropi / Amal dan Pembangunan
6.       Isu sosial
7.       Bisnis
8.       Ilmu pengetahuan dan teknologi
9.       Seni dan Budaya
10.    Pembacaan Qur'an
11.    Media
12.    Selebriti dan Bintang Olah Raga
13.    Ekstrimis

Ideologi Ahlusunnah Wal Jamaah (Islam Tradisionalis) mencapai 90 % dari jumlah populasi umat Islam kurang lebih 1.8 milyar, menyusul Islam Fundamentalist 9 % dan Islam Modernis 1 %. Dari 90 % kelompok Islam Tradisionalis, pengikut mazhab Hanafi 45 %, Syafi’i 28 %, Maliki 15 % dan Hanbali 1 % Ideologi Syiah populasinya berjumlah 9.5 %

Top 50 tokoh muslim berpengaruh sebagai berikut:
Nomor satu ditempati Grand Syeikh Azhar HE Profesor Dr. Syeikh Ahmad al Tayyeb, King Salman di urutan kedua, Presiden Joko Widodo di urutan 16, Ketua Umum PBNU Dr. KH. Said Aqil Siradj di urutan 22 dan Rais JATMAN NU Habib Lutfie Yahya di urutan 41 naik 4 tingkat setelah sebelumnya di urutan 45.

Kategori Pemimpin Negara Muslim dan Politisi 
Urutan pertama ditempati King Salman dan Presiden Jokowi di urutan 9

Bidang Kepakaran Kajian Islam dan tokoh dakwah Islam:
Urutan pertama ditempati Grand Syeikh al Azhar HE Prof. Dr. Syeikh Ahmad Muhammad al Tayyeb, Ketua Umum PBNU Dr. KH. Said Aqil Siradj menempati urutan 11 di atas Syeikh Yusuf al Qaradawi di urutan 16 dan Habib Lutfi Yahya di urutan 19.

Untuk selengkapnya bisa download ebook The World 500 Most Influential Muslims 2018 DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "The World 500 Most Influential Muslims Edisi 2018"

Post a Comment