Tiga Hal Ini Perlu Dimiliki Generasi Muda

KH Asep Saifuddin Chalim, dianggap banyak orang berhasil mengelola lembaga pendidikan yakni Pondok Pesantren Amanatul Ummah dan Institut KH Abdul Chalim Pacet Mojokerto. Selain itu ia juga dinilai sukses menahkodai badan otonom, yakni Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu).

Ia memiliki kepedulian besar terhadap perkembangan generasi muda. Dalam perbincangan dengan NU Online di Pesantren Amanatul Ummah pada 29 Oktober 2016 lalu, sesaat setelah dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum Pergunu 2016-2021, Kiai Asep mengatakan generasi muda harus memiliki tiga hal.

“Generasi muda itu harus bertakwa, berilmu, dan berkiprah. Kalau generasi muda tanpa itu ya tidak punya power,” kata Kiai Asep.

Menurut putra bungsu ‘komunikator kunci’ kelahiran NU KH Abdul Chalim itu, dengan berilmu, generasi muda akan bisa berkembang. Ia menilai untuk dapat berkembang generasi muda Indonesia akan lebih mudah karena berada di negara atau tanah air sendiri.

Ia juga menegaskan agar bisa berkembang dan meraih sukses generasi muda harus tahan banting dan jangan cepat puas.

“Makanya jangan sampai kemudian generasi muda putus kuliah, atau cepat puas hanya lulus S1. Kalau hanya dengan pendidikan S1 saja sudah puas ya nggak bisa. Yang sudah lulus S1 harus meneruskan S2, lalu S3. Setelah S3 baru berkiprah sampai sehebat-hebatnya,” tambahnya.

Pendidikan yang dikembangkan di Pesantren Amanatul Ummah dan Institut KH Abdul Chalim juga dilakukan dengan pendekatan pendidikan karakter. Kiai Asep menyebutnya dengan perbaikan akhlak.

“Akhlak yang baik ya melaksanakan perintah agama. Kemudian disempurnakan dengan tidak boleh malas, tidak boleh berkata tidak bisa, tidak boleh putus asa, tidak boleh minder, tidak boleh pengecut, dan jangan suka utang,” pungkasnya. (Kendi Setiawan/Fathoni)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiga Hal Ini Perlu Dimiliki Generasi Muda"

Post a Comment