Santri Nuris Sabet Juara 1 Mechanical Engineering Competition


Jember, NU Online
Santri Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo, Jember, Jawa Timur, Nur Imam Mafatih sukses menyabet gelar juara 1 Mechanical Engineering Competition 2016 se-Jawa Timur, akhir pekan lalu.

Kompetisi yang dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Jember tersebut diikuti oleh lebih dari 750 peserta yang berasal dari seluruh SMK se-Jawa Timur. Seleksi tahap pertama lomba tersebut dilakukan serentak di enam rayon, yakni Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Lumajang dan Probolinggo, dimulai sejak tanggal 21 Agustus 2016. Dari seleksi tersebut tersaring 25 peserta.

“Saya sendiri berada di urutan ke-15. Tapi saya optimis bisa mempersembahkan yang terbaik untuk almamater Nuris,” ucap Imam yang merupakan siswa Kelas XII TSM SMK Nuris di Jember, Ahad (31/10).

Di babak semifinal dan final yang digelar di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Jember, Imam berhasil melewati serangkaian tes hingga akhirnya panitia menahbiskannya sebagai juara pertama.

Menurut Imam, ujian di babak semifinal dan final cukup rumit. Selain tes teori tulis, yaitu menyangkut cara kerja motor matic, juga disuguhkan tes praktik (trouble shooting motor matic). Di sesi ini, panitia menyediakan motor trouble (mati), dan peserta diminta untuk menyelesaikan motor yang trouble tersebut dengan waktu yang dibatasi. “Alhamdulillah saya bisa menyelesaikannya dengan baik. Ini semua berkat pembinaan guru yang mumpuni serta dukungan penuh dari pengasuh pesantren,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SMK Nuris, Haryono mengaku bangga dengan capaian prestasi tersebut. Menurutnya, yang paling membanggakan adalah bahwa Imam adalah seorang santri sekaligus siswa lembaga di pesantren, sehingga prestasinya juga membawa nama harum pesatnren (Nuris).

”Untuk diketahui, seluruh siswa di lembaga Nuris, diwajibkan mondok. Kalau bicara teknik mesin, SMK Nuris siap bersaing. Apalagi sekolah kami telah memiliki LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang terakreditasi oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan),” urainya. (Aryudi A. Razaq/Mahbib)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Santri Nuris Sabet Juara 1 Mechanical Engineering Competition"

Post a Comment