Perihal Demonstrasi 4 November, GP Ansor dan Banser Pastikan Tidak Turun


Jakarta, NU Online
Komandan Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Banser H Alfa Isnaeni meminta puluhan ribu anggotanya untuk tidak turun dalam pengamanan demostrasi sekelompok masyarakat pada Jumat 4 November 2016. Menurutnya, tugas pokok Banser itu bukan mengawal demonstrasi. Mereka hanya mengawal para kiai, pesantren NU, dan bangsa.

“Kita tidak turun ke lapangan. Kita tidak ikut berdemonstrasi atau berpartisipasi dalam pengamanan demo,” kata Alfa kepada NU Online via aplikasi WhatsApp, Senin (31/10) malam.

Alfa Isnaeni menambahkan bahwa GP Ansor dan Banser bukan kelompok partisan yang mendukung kontestan politik manapun. GP Ansor dan Banser mengawal kebijakan PBNU, yakni semangat politik kebangsaan dan keindonesiaan.

Senada dengan Kasatkornas Banser H Alfa Isnaeni, Ketua Umum GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) dengan tegas melarang anggota GP Ansor dan Banser untuk terlibat dalam demonstrasi yang dikabarkan akan dilakukan besar-besaran pada 4 November 2016.

Penegasan Gus Yaqut ini ditujukan kepada kader GP Ansor dan Banser seluruh Indonesia, terutama yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

"Saya larang kader Ansor dan Banser terlibat dalam demonstrasi apapun alasannya. Akan tetapi, untuk urusan pengamanan, kader boleh terlibat. Tetapi itupun hanya boleh dilakukan jika negara memanggil. Meminta melalui aparat keamanan," tandas Gus Yaqut kepada NU Online via aplikasi WhatsApp, Selasa (1/11) pagi. (Alhafiz K)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perihal Demonstrasi 4 November, GP Ansor dan Banser Pastikan Tidak Turun"

Post a Comment