MERIAHKAN HARI SANTRI NASIONAL, SANTRI DASI AKAN GELAR FESTIVAL REBANA DAN KOPDAR AKBAR

Meriahkan Hari Santri Nasional, Santri DASI Akan Gelar Festival Rebana Dan Kopdar Akbar

Santrionline - Jawa Timur

Hari Santri Nasional yang memasuki tahun kedua dalam peringatannya, disambut begitu antusias oleh santri dan Nahdliyin dari berbagai penjuru nusantara. Termasuk para member dari sebuah grup di media sosial, Dagelan Santri Indonesia (DASI). Grup yang yang eksis sejak tahun 2013 di Facebook, dengan anggota sekarang lebih dari 200 ribu orang ini, berencana menggelar acara Festival Rebana Nasional pada 25 - 27 Oktober 2016, dengan acara puncak Kopi Darat (Kopdar) akbar perdana pada 27 Oktober 2016, di Ponpes Al Khoirot, Rengel, Tuban, Jawa Timur.

Wakil Ketua Panitia Kopdar Perdana DASI, Munir Sofi, mengatakan acara ini sebenarnya sudah dirancang sejak lama sebagai ajang silaturrahim. Namun baru bisa terealisasi tahun ini. "Acara ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional 2016. Sebagai santri, tentunya sangat membanggakan bagi kami ikut memeriahkan hari sakral ini dalam versi DASI. Kopdar Akbar merupakan keinginan bersama para member untuk saling ber-muwajahah dan ber-mushofahah secara langsung, setelah ramai saling memposting konten di grup FB yang tiap harinya mencapai ratusan postingan", tandas Munir Sofi pada Santrionline, Ahad (23/10/2016).

Khusus untuk Festival Rebana Tingkat Nasional yang memperebutkan hadiah total Rp.20 juta ini, pesertanya dibatasi hanya 30 grup sholawat dan pendaftarannya sudah ditutup. "Sengaja kami batasi, karena pendaftar lumayan antusias dan waktunya sangat terbatas. Grup peserta yang terjauh yaitu dari provinsi Jambi", ujar Munir Sofi.

Sementara untuk Kopdar Akbar Perdana, Munir Sofi menjelaskan, acaranya sudah dipersiapkan dikemas secara kreatif oleh panitia. Hal ini bertujuan agar santri member grup DASI yang datang dari luar Jawa Timur, terutama yang menyempatkan diri hadir dari perantauannya di luar negeri, tidak kecewa untuk mengikutinya. "Panitia sudah diwanti-wanti oleh Ibu Nyai Mahbubah (muasis grup DASI dan pengasuh Ponpes Al Khoirot Tuban, red.), agar menyelenggarakan acara silaturrahim akbar ini dengan sebaik-baiknya, walau dengan swadaya sendiri", tambahnya.

Festival Rebana Nasional dan Kopdar Akbar Perdana Grup DASI, kata Munir yang juga merupakan salah satu admin grup, tidak hanya dikhususkan untuk member saja, tetapi juga terbuka untuk siapa saja, baik santri maupun bukan. "Santri itu bukan saja yang belajar di pondok pesantren. Tetapi siapa saja yang punya akhlak santri, dia adalah santri", kata Munir mengutip perkataan inspiratif KH.Musthofa Bisri, sembari mengakhiri wawancaranya dengan Santrionline.

(Reporter : Ahmad Zamroni Fauzan)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MERIAHKAN HARI SANTRI NASIONAL, SANTRI DASI AKAN GELAR FESTIVAL REBANA DAN KOPDAR AKBAR"

Post a Comment