KMNU GELAR PELATIHAN IT DAN JURNALISTIK UNTUK WAJAH KMNU YANG LEBIH BAIK

KMNU GELAR PELATIHAN IT DAN JURNALISTIK UNTUK WAJAH KMNU YANG LEBIH BAIK

Bandung.Santrionline.Untuk membekali kader kader KMNU dari setiap Perguruan Tinggi, Sabtu [15/10] Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) menggelar pelatihan IT dan Jurnalistik yang menghadirkan Abdul Wahab yang merupakan founder santri progresif. Acara ini dihadiri oleh beberapa universitas ternama di indonesia dari mulai UNILA, STKS, STAN, UN Pajajaran, UI, IPB, ITB, UPI hingga KMNU Malaysia.

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, perkembangan media sosial di era modern ini begitu pesat. sehingga semua wajah organisasi akan terlihat dari seberapa aktifnya di media sosial dan seberapa besar organisasi tersebut menguasai media. Karena ada seorang tokoh yang pernah berkata bahwa, barang siapa menguasai media maka dia akan bisa menguasai dunia. Berbicara tentang media sosial, jika kita perhatikan, kurang bersinarnya wajah KMNU Perguruan Tinggi di kalangan mahasiswa karena kurangnya dia menguasai media. Oleh karena latar belakang itu, Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Pusat selalu mengadakan acara rutin tahunan untuk menyaring dan mengembangkan bakat kader KMNU salah satunya dibibidang IT dan Jurnalistik. Acara tersebut digelar dalam satu rangkaian acara besar Nusantara Leader Ship Camp (NLC).

Pelatihan IT dan Jurnalistik pada NLC kali ini diadakan di Bandung, tepatnya di kompleks Mesjid  terkemuka di Indonesia yaitu Mesjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu, 15 Oktober 2016. Seperti yang sudah dipaparkan di atas, Pelatihan IT dan jurnalistik ini dilaksanakan tidak lain untuk mengembangkan potensi menulis para kader jurnalis KMNU setiap perguruan tinggi.

Pelatihan jurnalistik tahun ini diisi oleh pembicara yang luarbiasa menginspirasi, Kang Abdul Wahab, seorang jurnalis ulung yang tidak pernah menempati bangku perkuliahan tetapi mempunyai prestasi yang sangat luarbiasa dalam bidang jurnalistik. Selain menjadi Founder Santri Progresif  Dan Wakil Redaksi Santrionline, Abdul Wahab juga seorang Jurnalis NU Online, Selain itu, beliau juga pernah mendapat penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga kategori Pemuda Inspiratif 2016. Materi mengenai jurnalistik yang dipadukan dengan pengalaman menarik, unik dan inspiratif beliau menjadikan pelatihan ini hangat dan menyenangkan.

Kegiatan ini dimulai dengan pemberian materi dasar terkait Jurnalistik. Abdul Wahab menuturkan bahwa mahasiswa NU harus berani menulis, karena dengan menulis KMNU akan dikenal dunia. “ Ada satu Maqolah, Siapa yang mau membaca ia akan mengenal dunia.  dispatche dan siapa yang mau menulis maka ia akan dikenal dunia. Nah Siapa lagi yang akan menulis tentang Nu dan pesantren jika bukan anak NU, agar Pesantren dan Nu lebih dikenal dunia maka kita harus rajin menulis ”, ungkapnya dalam sesi awal pelatihan.

Selain memberikan pelatihan dasar Jurnalistik, Abdul Wahab juga mengajak agar anak anak KMNU aktif dalam dunia tulis menulis, karena kalo kita ingin menjadi penulis yang mahir latihanya ya dengan menulis.

“Belajarlah menulis dengan menulis” tandas pemateri yang kini juga aktif mengisi kegiatan IT dan Jurnalistik di berbagai daerah.

Menurutnya, kreatifitas dalam menulis berita sangat dibutuhkan. Disamping menentukan judul yang menarik, kebenaran konten serta aktualisasi berita menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam menulis sebuah berita. Ia juga berharap setelah ikut pelatihan ini, mahasiswa NU menjadi sering membuat berita tentang Pengajian, kajian,atau  sesuatu yg terkait dengan KMNU PT.

Wakil Ketua Santri Progresif  Abdul Kholik yang ikut menghadiri acara prlatihan jurnalistik, sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarkan oleh KMNU. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, kagiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi anak muda untuk mengembangkan bakat mereka dalam dunia jurnalistik." ujar Abdul Kholik

Setelah peserta mengikuti pelatihan jurnalistik hampir 3 jam, kemudian peserta diajak praktek langsung untuk menulis bebrapa berita terkait acara NLC

Arif,  salah satu panitia sangat berharap dari pelatihan ini para kader KMNU terutama yang merupakan divisi kominfo ini minimal memunyai keinginan menulis setelah kembali ke kampus mereka nanti.

“Yaa, harapannya minimal setelah pelatihan ini para kader KMNU ini memliki keinginan menulis . Sehingga nanti kedepannya dia akan menghasilkan tulisan dan terus menulis. Syukur-syukur juga sampai menularkan keinginan menulis ini kepada teman-teman KMNU di perguruan tingginya masing-masing. Sehingga KMNU dapat lebih dikenal di kalangan mahasiswa, Indonesia dan Dunia” Ujar  Arief yang juga menjabat sebagai Presidium Nasional 2 KMNU.

Pelatihan yang dihadiri 9 oleh  KMNU se-Regional 1 ini memang  diakui sangat menarik. Salah satu perwakilan dari divisi kominfo KMNU Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Fathur Fawaz menuturkan acara ini sangat menyenangkan.
" selain materi yang disampaikan sangat bermanfaat, pembawaan materi yang dikolaborasikan dengan pengalaman unik dan inspitatif dari pemateri membuat pelatihan ini terasa hangat dan menyenangkan" Ujar Fawaz

Muhammad ababil yang merupakan salah satu peserta pelatihan dari KMNU ITB mengungkapkan harapannya agar acara semacam ini dapat dilaksanakan setiap tahun. "Saya berharap acara semacam ini agar dilaksanakan setiap tahunya supaya kader KMNU disetiap PT dapat lebih menguasai media dengan mengekspose kegiatan- kegiatannya", Ujar Ababil.

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan IT dan jurnalistik ini panitia kemudian membuat sebuah grup di media sosial whatsapp untuk media diskusi, sharing mengenai masalah tulis menulis, yang harapannya grup ini dapan menjadi wadah yang aktif untuk mencetak jurnalis-jurnalis KMNU. Selain Pelatihan jurnalistik, Acara NLC juga diigelar pelatihan fotografi, videografi juga pelatihan web dan manajemen web. Semoga dengan pelatihan ini akan timbul kader jurnalis KMNU yang baik dan menjadikan KMNU lebih baik, Aamiin.

(Oleh Peserta Pelatihan Jurnalistik NLC )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KMNU GELAR PELATIHAN IT DAN JURNALISTIK UNTUK WAJAH KMNU YANG LEBIH BAIK"

Post a Comment