KMNU Gelar NLC Menyambut Hari Santri

KMNU Gelar NLC Menyambut Hari Santri

Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama siap menggelar salah satu event besar. Event yang bertajuk “Nusantara Leadership Camp 2016” merupakan suatu kegiatan tahunan yang diadakan dalam rangka memperingati dan menyemarakkan Hari Santri Nasional. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang mewadahi dan memfasilitasi pemikiran-pemikiran ilmiah mahasiswa-mahasiswi Nahdlatul Ulama yang tergabung dalam KMNU, juga sebagai ajang konsolidasi dan peningkatan kapasitas kader, serta sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi kader-kader KMNU. Tahun ini, NLC 2016 akan diselenggarakan di dua tempat berbeda, yakni Bandung dan Yogyakarta. Pelaksanaan NLC 2016 di Bandung akan berlangsung mulai tanggal 14-16 Oktober 2016 yang bertempat di Pondok Pesantren Nurul Huda Ciumbuleuit  dan akan dihadiri KMNU PT yang tergabung dalam wilayah Regional 1 KMNU yaitu KMNU Malaysia, KMNU UNILA, IMAN STAN, KMNU IPB, KMNU UI, KMNU ITB, KMNU UPI, dan KMNU Padjajaran. Pada bulan berikutnya, NLC 2016 di Yogyakarta akan berlangsung pada tanggal 4-6 November 2016 yang bertempat di Pondok Pesantren Diponegoro dan akan dihadiri KMNU PT yang tergabung dalam wilayah Regional 2 KMNU yaitu KMNU UII, KMNU UNDIP, KMNU UNY, dan KMNU UGM.
Dengan mengusung tema “Aktualisasi Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Moral Bangsa dan Bela Negara”, NLC 2016 dikemas dengan berbagai kegiatan, yaitu seminar nasional, pelatihan, perlombaan, dan konsolidasi kader nasional.
Pelatihan yang akan diselenggarakan terdiri dari lima bidang, yaitu training for trainer, jurnalistik dan IT, keuangan, kaderisasi tahap III, serta kajian dan dakwah. Training for trainer merupakan pelatihan untuk meningkatkan skill public speaking dan kepemimpinan untuk mencetak kader KMNU yang prestatif dan inspiratif dengan menghadirkan para trainer mumpuni diantaranya Bapak Moh. Subagio (Trainer Nasional) dan Ikrom Mustofa, S. Si (Mapres 2 Nasional 2015 dan penerima beasiswa LPDP). Pelatihan jurnalistik dan IT memaparkan tentang sistem teknologi informasi, dunia jurnalistik, dan pemanfaatan media social untuk kegiatan dakwah yang akan dipaparkan diantaranya oleh Abdul Wahab (da’i muda penggiat Santri Online dan Santri Progresif) dan NU Online. Pelatihan keuangan dan KMNU Sharing, akan membedah pemanfaatan akuntansi dan system pelaporan KMNU untuk mencetak kemandirian ekonomi KMNU PT di seluruh perguruan tinggi. Pelatihan kaderisasi sebagai bentuk pelatihan bagi mentor-mentor berwawasan Aswaja mumpuni yang akan menangani pengkaderan di seluruh perguruan tinggi, salah satu mentor ahli yang akan mengisi pelatihan adalah Ahmad Rahma Wardhana, ST., MT. (Lakpesdam Pusat dan Pusat Kajian Energi UGM). Pelatihan kajian dan dakwah dilaksanakan untuk menguatkan pemahaman ahlussunnah wal jama’ah serta metode pengajarannya di lingkungan kampus dengan salah satunya berguru pada Drs. KH. Habib Syarief bin Utsman Al-laydrus (Ketua Yayasan As Salam Bandung).
Besar harapan NLC 2016 akan mendulang kesuksesan seperti penyelenggaraan pada tahun sebelumnya. Kegiatan ini semata-mata untuk menumbuhkan semangat juang dan memberi bekal kemampuan mumpuni pada mahasiswa terkhusus kader KMNU dalam menghadapi medan dakwah yang kian deras arusnya. Karena diharapkan mampu mengikat peradaban dengan ilmu.

(Panitia NLC)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KMNU Gelar NLC Menyambut Hari Santri"

Post a Comment