Waswas Ketika Takbiratul Ihram

ilustrasi

Sering kita menemui sebagian orang ketika hendak mengerjakan shalat terkena penyakit yang namanya waswas, misalnya saat sedang berwudlu' hendak melaksanakan shalat, saat mengangkat tangan dalam takbiratul ihram, atau saat selesai buang air kecil maupun besar merasa kurang bersih dan ragu akan kesucian pakaian yang sedang dipakai. Semua itu diakibatkan penyakit wawas yang sedang mengidap pada diri seseorang. Waswas adalah penyakit yang diderita seseorang akibat ketidaktahuan atau kurang mengerti tentang hukum syari'at Islam. Waswas merupakan salah satu godaan dari setan yang disematkan pada diri seseorang sehingga kondisi orang tersebut menjadi ragu-ragu dalam melaksanakan ibadah, dalam hal ini waswas menyerang orang yang sedang takbiratul ihram. Dalam Kitab Tuhfatul Habib dijelaskan,

وَالْوَسْوَسَةُ عِنْدَ تَكْبِيرَةِ الْإِحْرَامِ مِنْ تَلَاعُبِ الشَّيْطَان

Waswas saat Takbiratul Ihram adalah bagian dari godaan setan.

Sehingga seseorang yang waswas saat takbiratul ihram mengulang-ulang takbirnya, ia melakukan takbir pertama lalu ragu, takbir kedua lagi lalu ragu, takbir ketiga juga masih ragu, hingga takbir terakhir baru ia bisa menenangkan hati dan niat takbiratul ihram.

Penyebab waswas seperti dijelaskan para ulama' fiqh disebabkan karena ketidaktahuan orang tersebut mengenai takbiratul ihram, atau cara istihdhar qolb (adanya niat yang kuat) ketika hendak mengerjakan shalat, karena orang yang waswas pada hakikatnya hanya memberatkan diri sendiri dalam masalaha ibadah dan seharusnya adalah melawan rasa waswas itu sendiri dengan berdzikir dan mengingat Allah SWT. Keterangan ini juga terdapat dalam Kitab Tuhfatul Habib,

الْوَسْوَسَةُ خَبَلٌ فِي الْعَقْلِ أَوْ جَهْلٌ فِي الدِّينِ

Waswas adalah penyakit akal atau ketidaktahuan dalam masalah agama.

Maka alangkah baiknya orang yang mengidap waswas dalam takbiratul ihram sedikit demi sedikit belajar semua hal yang berkaitan dengan takbiratul ihram, sehingga bisa mengurangi rasa waswas yang selama ini dideritanya. Begitupun waswas yang masuk pada ibadah lain cara mengobatinya juga sama sebagaimana cara dalam takbiratul ihram.

Lebih banyak seseorang berdzikir mengingat Allah SWT maka semakin menjauh rasa waswas tersebut, maka sebelum takbiratul ihram hendaknya orang yang terkena waswas membaca Ta'awwudz ('Audzubillahi minassyaithanirrajim), sembari memohon kepada Allah SWT untuk dijauhkan dari penyakit waswas.

(nu.or.id/Pen. Fuad H/ Red. Ulil H)

Subscribe to receive free email updates: