Bentuk Laskar, Muslimat NU Jombang Berjuang Lawan Narkoba

Jombang, Santrionline - Peredaran narkotika dan obat terlarang atau Narkoba kian memprihatinkan. Di desa terpencil sekalipun, obat berbahaya tersebut mudah dijumpai, bahkan dikonsumsi kalangan pelajar. Peran ibu sangat penting untuk meminimalisir bahkan menghentikan peredarannya."Dalam rangka hari kemerdekaan, kita mengingat perjuangan para pahlawan Indonesia," kata Nyai Hj Mundjidah Wahab, Rabu (10/8). Ketua PC Muslimat NU Jombang ini kemudian menceritakan bagaimana sejumlah kiai yang terhimpun dalam Nahdlatul Ulama ikut berjuang demi meraih kemerdekaan Indonesia dengan melawan penjajah.Akan tetapi, setelah kemerdekaan diraih, tantangan bagi bangsa ini adalahmelawan narkoba. 

"Peran ini yang sekarang diemban Muslimat NU yakni kita berjuang melawan dan berupaya agar Indonesia merdeka dari narkoba," katanya saat melantik Laskar Anti Narkoba (LAN) di Desa Pucangro, Gudo, Jombang, Jatim.Bagi perempuan yang kini menjadi Wakil Bupati Jombang tersebut, kiprah Muslimat NU ini sangat mulia. Tidak semata dalam pandangan agama, juga manfaatnya bagi kehidupan, khususnyakeluarga dan lingkungan. "Kita para ibu Muslimat NU berjuang agar generasi penerus bangsa bebas narkoba. 

Mengapa saya katakan berjuang, karenagerakan ini tidak ada gajinya," terangnya.Perempuan sekarang, tambahnya, apalagi sebagai ibu harus pinter, ikut berkumpul atau berorganisasi sehinggawawasan jadi lebih luas. Ketua PAC Muslimat NU Godo ini kemudian mengemukakan bahwa pengetahuan terhadap narkoba juga harus dimiliki para perempuan. 

"Saya dulu membayangkan narkoba itu paling hanya beredar dan dinikmati kalangan warga perkotaan semata," katanya. Akan tetapi kenyataannya anak-anak desa memiliki ketergantungan kepada narkoba. Demikian pula jenis narkoba pun sudah demikian bervariasi.Inilah pentingnya pengetahuan terhadap narkoba juga harus dimiliki para ibu dan kaum perempuan karena sudah beredar narkoba berupa permen dan mainan yang bisa dikonsumsi anak usia TK maupun SD. Diharapkan, keberadaan LAN yang sudah terbentuk di berbagai kecamatan dan desa mampu meminimalisir bahkanmenghentikan peredaran narkoba di masyarakat, pungkasnya.
(NU Online/ Irma Andriyana)

Subscribe to receive free email updates: