Istri Gus Mus Meninggal, Jivita Batik: 2 Gamis Pesanan Ibu Sudah Dipakai?

Ada pengalaman menarik antara pemilik Jivita Batik dengan almarhumah Ibu Fatmah (66) istri KH Mustofa Bisri (Gus Mus) yang meninggal di RSUD dr R Soetrasno Rembang Jawa Tengah pada Kamis (30/6/2016) siang.

Sehari setelah kabar wafat, dalam akun Facebooknya, Jivita Batik mengungkapkan kekaguman kepada sosok Ibu Fatmah. Menurutnya, walau pernah pesan gamis, ia tidak pernah berpesan agar dihormati sebagai istri kiai NU terkenal di Indonesia. 

"Dgn santun ibu hanya bilang, ingin sekali dibuatkan baju oleh Jivita. Sesekali kita ngobrol agak banyak kalau saya sdh di rumah, krn kesempatan utk ngobrol memang setelah saya pulang kantor. Ibu cerita ttg putri2 ibu. Dan terakhir pesanan ibu adalah kain jumputan yg akan dibagikan kpd putri2 ibu seorang satu, hehee..." tulis Jivita.
Walaupun sudah bertemu secara fisik dan sudah berteman via Facebook dengan salah satu putri Gus Mus bernama Raabiatul Bisyriyah, namun Jivita tidak pernah membuka wall akun ibu Fatma dan putrinya tersebut. "Kalau saja itu saya lakukan, mungkin cara saya memperlakukan ibu akan berbeda. Atau kalau saja ibu menyebutkan siapa diri ibu sebenarnya, mungkin ibu menjadi sangat istimewa," ceritanya.

Yang terkenang, Jivita Batik merasa senang karena bisa membuatkan baju pesanan Ibu Fatmah walau ternyata tidak muat dipakai. Ia marasa bersalah. Namun, bukan amarah yang ia dapat. Kata Jivita, Ibu Fatmah hanya bilang "ngga apa2 mbak, bisa utk anak ibu". Bagi Jivita, ibu Fatmah mengenalkan dirinya dengan sederhana. "Tapi itulah ibu," kesannya dalam status wall Facebooknya.

Jivita Batik mengaku baru tahu kalau sosok yang selama ini ia kenal adalah istri Gus Mus justru dari ranning teks berita di televisi. "Saya membaca kabar tsb dgn biasa saja, krn saya merasa tdk mengenal beliau. Sampai pagi tadi saya melihat di wall FB mb Iyah menampilkan foto ibu Siti Fatma dg salah seorang cucu beliau sbg foto terakhir. Astagfirullah. Saya langsung buka2 wall mb Iyah dan ibu. Ya Allah ibuuuu," tulis Jivita.

Bagi Jivita, Ibu Fatmah telah mengajarkan kepadanya tentang bagaimana menjadi terhormat tanpa harus menyebutkan predikat di dunia. Ibu Fatma, aku Jivita, tidak pernah mengenalkan dirinya sebagai istri Gus Mus. "Ibu tdk meninggikan diri ibu. Ibu sangat sopan dan santun berbicara dgn saya yg siapalah ini. Dan itu sangat mengesankan utk saya," kenangnya.

Dua gamis yang dipesan Ibu Fatmah ukurannya muat atau tidak. Sudah dipakai atau belum, Jivita Batik tidak tahu. "Saya blm sempat tanya ibu," sesalnya. [dutaislam.com/Abdul Wahab]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istri Gus Mus Meninggal, Jivita Batik: 2 Gamis Pesanan Ibu Sudah Dipakai?"

Post a Comment