Habib Luthfi: Jangan Lupa Doakan Para Kiai Kasepuhan



Jelang subuh, Kamis (7/7), udara di Kota Pekalongan masih terasa dingin. Sebagian orang masih agak berat untuk beranjak dari tempat tidurnya, lelah setelah seharian keliling kampung saling bermaaf-maafan.

Namun tidak begitu dengan suasana di Gedung Kanzus Shalawat Kota Pekalongan. Di bangunan yang terletak di Jalan Dr Wahidin tersebut, orang-orang justru berdatangan. Semakin lama, semakin ramai.

Rupanya di hari kedua Lebaran itu diadakan kegiatan Halal bi Halal di Gedung Kanzus Shalawat. Kegiatan yang sudah berjalan puluhan tahun ini menjadi ajang silaturahmi ribuan orang yang datang dari berbagai daerah kepada guru thariqah mereka, Habib Muhammad Luthfi bin Hasyim bin Yahya.

Rangkaian acara diawali dengan berziarah ke kompleks pemakaman Sapuro, yang letaknya dari Gedung Kanzus Shalawat sekitar 2-3 Km ke arah Barat. Di pemakaman tersebut, terdapat beberapa makam ulama antara lain Habib Hasyim bin Yahya dan Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Atthas.

Usai dari makam, para jamaah kembali lagi berkumpul di Gedung Kanzus Shalawat. Di sana dilaksanakan acara dzikir dan pengajian yang disampaikan oleh Habib Luthfi.

Dalam kesempatan itu Habib Luthfi berpesan kepada para jamaah untuk turut mendoakan para kiai-kiai sepuh, agar diberi kesehatan untuk mendampingi umat.

"Sekarang ini, banyak kiai sepuh, para kasepuhan yang sakit. Saya meminta semua para muridin untuk mendoakan para kasepuhan tersebut, tidak harus disebutkan satu per satu, bisa sebelum shubuh, bisa sebelum dzuhur atau ashar, maghrib, isya, atau tengah malam jika yang qiyamul lail,” kata Rais Aam Idarah Aliyah Jam’iyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (Jatman) itu.

Acara halal bi halal diakhiri dengan bersalaman dengan Habib Luthfi. Dengan penuh sabar, para jamaah yang hadir rela antre demi bersalaman dan meraup berkah dari sang habib.     nu online

Subscribe to receive free email updates: