Muhammad Ali Adalah Seorang Sufi





Santrionline- 'Sufi' merupakan sebutan bagi ahli tasawuf (ilmu pembersihan jiwa dalam Islam) , sebagaimana ahli fiqh disebut 'fuqaha', yang mana terdiri dari tariqah tariqah... dan dalam Aswaja setiap Ulama besar pasti seorang Sufi, memiliki taqirah, dimana ajaran Sufi bersifat lembut, memanusiakan manusia.. memandang Islam sebagai sarana pengabdian kepada Allah dengan berbuat sebaik dan seadil mungkin kepada Makhluk Ciptaan- Nya, bukan kepada ego kita yang mana menghasilkan paham radikal yang mengatas namakan agama..

Dunia mengenal Ali yang begitu keras menolak wajib militer Amerika Serikat (AS). Itu dilontarkannya pada 28 April 1967 ketika Ali dengan tegas menolak wamil yang akhirnya berujung pada pencabutan gelar juara tinju kelas berat yang sudah dimilikinya, berikut fakta yang tidak banyak orang tua kalau Alharhum Muhammad Ali adalah Seorang Sufi... dan memang sepak terjang beliau terhadap persamaan hak setiap ras, dan hal kemanusiaan lain,, sejalan dengan semangat Sufi... berikut artikel yang di kutip dari cnnindonesia:

Ali adalah Seorang Sufi

Ali menegaskan alasan dirinya menolak wamil karena dia adalah seorang muslim, agama yang cinta damai sehingga menolak berperang untuk militer AS. Sebelumnya, Ali dikenal dekat dengan pergerakan Afrika-Amerika yang membentuk Nation of Islam. Namun, dalam perjalanan hidupnya, Ali memilih untuk menjadi Sufi.

“Ali mengumumkan bahwa dia adalah seorang Sufi sekitar 2005 silam, ia mengatakan dari semua sekte Islam, dia merasa memiliki koneksi yang sangat dekat untuk Sufi,” ujar Miller.

Miller yang menulis buku biografi Ali dengan judul ‘Approaching Ali’ mengatakan sang legenda pernah berbicara kepadanya bahwa sufisme memiliki tujuan untuk mencegah segala halyang bertujuan menghancurkan kemanusiaan dan merusak dunia.

“Ini sempurna bagi Ali, yang telah hidup dengan cara Sufi itu selama berdekade sebelum dia mendengarnya,” kata Ali.

lahumul fatihah....

(arifan)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Muhammad Ali Adalah Seorang Sufi"

Post a Comment