Ini Alasan Kenapa Sedekah di Bulan Ramadhan Sangat Dianjurkan


Santrionline - Assalamu ’alaikum wr. wb.
Pak ustadz yang terhormat. Saya mau menanyakan alasan kenapa bersedekah di bulan Ramadhan itu lebih dianjurkan dan lebih utama dibanding dengan bulan lainnya. Padahal bersedekah bisa dilakukan pada bulan apa saja. Saya mohon penjelasannya. Atas penjelasannya kami ucapkan terima kasih. Wassalamu ‘alaikum wr. wb. Taufikurrahman. (Jakarta) 

Jawaban
Assalamu ‘alaikum wr. wb.
Penanya yang budiman, semoga selalu dirahmati Allah SWT. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pada bulan Ramadhan kita dianjurkan memperbanyak sedekah dibanding dengan bulan lain. Dalam sebuah sebuah hadits riwayat Anas RA dikatakan bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya tentang sedekah yang paling utama? Jawaban yang dikemukakan Beliau SAW adalah sedekah pada bulan Ramadhan.

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللهِ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ صَدَقَةُ رَمَضَانَ (رواه البيهقي)

Artinya, “Dari Anas RA ia berkata, bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya apakah sedekah yang paling utama? Beliau pun menjawab, ‘Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadhan,’” (HR Al-Baihaqi).

Atas dasar hadits ini para ulama dari kalangan Madzhab Syafi’i dengan tegas menyatakam bahwa berbuat dermawan atau bersedakah di bulan Ramadhan itu sangat dianjurkan (mustahabbun). Sebab, bulan puasa adalah bulan yang mulia dan kebaikan di dalamnya tentu lebih utama.

Bahkan pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan kita dianjurkan meningkatkan sedekah atau kedermawanan karena mengacu pada praktik yang dijalankan Rasulullah SAW dan para ulama salaf. Di samping itu juga pada saat itu orang-orang tersibukan dengan puasanya dan berusaha menambah intensitas ibadahnya dibandingkan dengan usaha mencari nafkah untuk kehidupannya sehingga mereka perlu untuk dibantu.

قَالَ أَصْحَابُنَا وَالْجُودُ وَالْاِفْضَالُ مُسْتَحَبٌّ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ وَفِى الْعَشْرِ الْاَوَاخِرِ أَفْضَلُ اِقْتِدًاء بِرَسُولِ اللهِ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِالسَّلَفِ وَلِاَنَّهُ شَهْرٌ شَرِيفٌ فَالْحَسَنَةُ فِيهِ أَفْضَلُ مِنْ غَيْرِهِ وَلِاَنَّ النَّاسَ يَشْتَغِلُونَ فِيهِ بِصِيَامِهِمْ وَزِيَاَدةِ طَاعَاتِهِمْ عَنِ الْمَكَاسِبِ فَيَحْتَاجُونَ اِلَي الْمُوَاسَاةِ وِاِعَانَتِهِمْ

Artinya, “Para ulama dari kalangan kami (Madzhab Syafi’i) mengatakan bahwa bersikap dermawan itu sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan. Pada sepuluh terkahir dari bulan Ramadhan lebih utama karena mengikuti praktik yang dijalankan Rasulullah SAW dan para ulama salaf. Sebab, bulan puasa adalah bulan yang mulia karenanya kebaikan di dalamnya lebih utama dibanding bulan lain. Karena orang-orang terkonsentrasikan dengan puasa dan menambah intensitas ibadahnya dibanding dengan intensitas mencari nafkah untuk kehidupannya sehingga mereka membutuhkan uluran tangan dan bantuan,” (Muhyiddin Syaraf An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab, Kairo-Dar Al-Hadits, 1421 H/2010 M, juz VII, halaman 576).

Berangkat dari penjelasan singkat di atas maka tampak jelas kenapa bersedekah di bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Ramadhan adalah bulan mulia dan kebaikan di dalamnya tentu lebih utama di banding bulan lain. Bahkan di sepuluh akhir bulan Ramadhan lebih dianjurkan lagi dengan alasan sebagaimana dikemukakan Muhyiddin Syaraf An-Nawawi di atas.

Demikian jawaban singkat kami. Semoga bisa dipahami dengan baik. Perbayakan sedekah di bulan Ramadhan karena bulan Ramadhan adalah bulan mulia sehingga kebaikan di dalamnya lebih utama dibanding bulan lainnya. Kami selalu terbuka untuk menerima saran dan kritik dari para pembaca.

Wallahul muwaffiq ila aqwamith thariq,
Wassalamu’alaikum wr. wb.


(NUonline/ Irma Andriyana)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Sedekah di Bulan Ramadhan Sangat Dianjurkan"

Post a Comment