Syarat-syarat Mencari Ilmu


Santrionline -Ilmu yang manfaat yaitu ilmu yang bisa menghantarkan pemiliknya menuju ketakwaan kepada Allah SWT. Adapun ilmu yang manfaat itu sendiri bisa didapatkan oleh Para santri dengan memenuhi 6 Syarat sebagai berikut :
  1. Cerdas
Artinya disini dalam mencari ilmu tidak butuh yang namanya harus pintar, namun kita harus cerdas dalam memahami ilmu yang disampaikan ustadz-ustadz kita. Ketika orang pintar tetapi tidak cerdas sama aja kurang baik.
Ketika kita sudah bisa istiqomah dalam mencari ilmu secara otomatis tanpa kita sadari kita akan cerdas dan diikuti dengan pintar dalam memahami ilmu yang kita pelajari.
  1. Semangat
Artinya disini ketika akan mencari Ilmu harus mempunyai niat yang semangat, ketika berangkat menuju majlis lebih awal, ketika diterangkan memperhatikan dengan baik dan dipahami. Dalam pikirannya harus ada “Aku Harus Bisa”  jika ungkapan ini sudah tertanam maka semangatpun akan menggembara. Begitu juga yakinlah ketika mencari ilmu itu akan menuju kemenangan. Sesungguhnya kunci kemenangan adalah selalu semangat dan riyadoh do’a.
  1. Sabar
Artinya disini ketika mencari ilmu mendapati kesusahan dalam memahami pelajaran maka harus selalu bersabar. Hal yang tidak akan terelakkan ketika mencari ilmu itu pasti ada saja teman yang selalu mengganggu konsentrasi kita, pada saat itulah kita sedang diuji kesabaran kita.
Jika ketika kita sedang belajar yang mana disitu kita sudah memahami ilmu itu sebelum disampaikan oleh ustadz-ustadz kita, maka janganlah kita menyepelekannya. Kita harus tetap memperhatikannya dengan baik. Ada pepatah janganlah kamu menyepelekan yang kamu disitu sudah kamu anggap bisa, suatu saat nanti kamu akan mengecewakan yang kamu sepelekan itu.
  1. Biaya
Artinya disini dalam mencari ilmu pastinya memerlukan biaya untuk kehidupan sehari-hari. Yang dimaksud disini bukanlah harus mempunyai uang banyak , biaya disini hanya untuk kebutuhan makan, minum, membeli kitab, dan membeli pakaian.
Sudah dicontohkan oleh ulama’-ulama’ terkemuka zaman dahulu banyak dari golongan santri yang disitu dalam kehidupannya serba berkecukupan seperti Abu Huroiroh perawi Hadist Nabi Muhammad SAW. dan sekaligus sahabat Rasulullah, dia fakir dalam kehidupannya, namun tidak mengganggu dalam mencari ilmunya.
  1. Petunjuk Ustadz
Artinya orang yang mau mencari ilmu itu harus dengan bimbingan ustadz-ustadz jangan belajar sendiri. Dan ketika kita dibimbing ustadz-ustadz kita bisa memahami secara maksimal apa yang kita pelajari dan ketika ada masalah terkait pelajaran itu kita bisa menanyakan yang lebih ahli kepada ustadz-ustadz kita.
  1. Waktu yang lama
Artinya disini ketika mencari ilmu itu tidak cukup dengan waktu 1 atau 2 tahun kita bisa memahami semua ilmu yang telah kita pelajari. Semakin lama kita mencari ilmu itu semakin banyak ilmu yang kita ketahui begitu juga kita akan mengetahui rahasia-rahasia di balik ilmu itu.


Sumber : Kitab Alala

(Suarapesantren/ Irma Andriyana)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat-syarat Mencari Ilmu"

Post a Comment