Sambut Ramadhan, IPNU-IPPNU MTs-MA Plus Al-Hikam Gelar Musabaqoh Al-Barjanzi


Sumedang, Santrionline - Pengurus Pimpinan Komisariat Ikatan Pelajar Putra Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) MTs dan MA Plus Al-Hikam Sumedang menyelenggarakan musabaqoh Al-Berjanzi. Musabaqoh ini diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

Ketua panitia musabaqoh Al-Barjanzi Yahya Hendra Komara mengatakan, walaupun bulan ramadhan masih setengah bulan lagi, tapi suasana ramadhan sudah dibangun dan dirasakan dari mulai sekarang. "Menbaca shalawat dan Al-Barjanzi merupakan amalan yang baik untuk dilakukan oleh setiap orang. Apalagi kalau dilakukan nanti di bulan Ramadhan," kata Hendra disela-sela acara, Senin (23/5).

Peserta yang mengikuti musabaqah ini berjumlah 22 grup. Setiap grup terdiri dari 7 orang. Mereka semua perwakilan terbaik dari tiap kelas yang ada di MTs dan MA Plus Al-Hikam.

Kepala MTs Plus Al-Hikam, Uat Wahyudin mengatakan, dari pihak sekolah sangat mendukung kegiatan musahbaqah ini.  Membaca Al-Barjanzi suka dibaca bersama-sama oleh seluruh siswa MTs Plus Al-Hikam setiap hari jumat. Malahan setiap siswa wajib menyetorkan bacaan Al-Barjanzi kepada guru. Setoran ini dilakukan supaya bacaan dan makhorijul hurufnya benar.

Kegiatan musabaqoh Al-Barjanzi yang dilakukan saat ini sebagai bentuk aplikasi kecintaan warga MTs MTs dan MA Plus Al-Hikam kepada Nabi Muhammad SAW. Selain itu supaya para siswa terbiasa membaca shalawat dan barjanzi. 

"Tradisi membaca barjanzi merupakan tradisi yang diwariskan oleh para wali dan ulama. Kita selaku manusia yang menjadi pengikut para wali dan ulama wajib menjaga tradisi ini. Somoga nanti diyaumil qiyamah kita kita semua mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW," tutup Uat Wahyudin.

(NUonline/ Irma Andriyana)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sambut Ramadhan, IPNU-IPPNU MTs-MA Plus Al-Hikam Gelar Musabaqoh Al-Barjanzi"

Post a Comment