Nasihat Untuk Kedua Orang Tua





Oleh: Al-Habib Zein Bin Smith (Madinah)
Seharusnya bagi setiap orang tua mendoakan untuk anak-anaknya dan tidak mencaci mereka, Seperti mendoakan untuk anaknya kehancuran, bodoh dan lain sebagainya sekalipun dalam keadaan marah atau payah, mestinya bagi orang tua menghindarinya karna doa orang tua di ijabahi Allah swt, lebih-lebih kalau tepat waktu yg di ijabahi Allah swt, akhirnya mendapatkan penyesalan dan kerugian karna terburu-buru dan mendoakan jelek anaknya. Berapa banyak cerita bahwasannya orang tua melakukan hal tersebut sehingga anaknya sakit, meninggal, gila dan lain sebagainya dari kejelekan karna sebab doanya orang tua.
Wajib atas orang tua selalu mendoakan baik untuk anaknya walaupun dalam keadaan emosi dengan mengatakan kepada mereka seperti : Allah yahdik,. Allah yarhamuk,. dll.. Sehingga tepat dengan waktu yg di ijabahi anaknya menjadi beruntung karna sebab doanya.

Di ceritakan oleh ulama'. Seorang datang ke salah satu ulama' mengadu tentang kejelekan akhlaq dan adab anaknya, ulama' tersebut bertanya : mungkin kamu mendoakan jelek untuknya? Lalu seorang tersebut menjawab : ya, kamu yg merusaknya kata si ulama' tersebut.Wajib bagi orang tua membantu anaknya agar bisa berbakti kepadanya dan tidak memaksakan untuk mereka dari apa-apa yg tidak mampu mereka kerjakan, berbicara santun dengan mereka dan memanggil dengan kata-kata yg baik,

dalam hadits Nabi saw bersabda: :رحم الله والدا اعان ولده على بره قالوا : كيف يارسول الله؟ قال : يقبل احسانه ويتجاوز عن إساءته

Allah swt merohmati orang tua yg membantu anaknya agar berbakti, para sahabat bertanya : bagaimana itu wahai Rosulullah?Menerima kebaikan dan memaafkan kesalahannya.

Jagalah, perhatikan, didik anak kalian dengan pendidikan yg baik dan jagalah mereka dari teman yg jelek,Mudah-mudahan Allah menjaga anak-anak kita dari kejelekan.

(arifan)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nasihat Untuk Kedua Orang Tua"

Post a Comment