Gerakan Ayo Mondok Harus Diimbangi Pembenahan Pesantren


Gerakan Ayo Mondok Harus Diimbangi Pembenahan Pesantren
Santrionline - Jember, 
Gerakan Ayo Mondok yang dicanangkan PBNU mendapat sambutan hangat dari jajaran PCNU Jember. Menurut Katib Syuriyah PCNU Jember, Ustadz MN. Harisudin, gerakan Ayo Mondok merupakan langkah positif dalam rangka mencetak generasi bangsa yang cerdas sekaligus berakhlak mulia.

Kecerdasan atau kecakapan, katanya, harus berjalan seiring dengan tempaan akhlak. Jika tidak, maka akan terjadi kesenjangan dalam pribadi seseorang. "Istilahnya, kecerdasan intelektual dan kecerdasan spritual harus berjalan beriringan," ungkapnya.

Terkait dengan gerakan Ayo Mondok tersebut, ustadz Haris mengingatkan agar pesantren juga harus berbenah dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana yang memadai. Sebab, tingkat keberminatan masyarakat untuk memilih pesantren sebagai tempat menimba ilmu juga berkelindan dengan kualitas lembaga di pesantren itu sendiri.

Tidak hanya itu, pesantren juga perlu memikirkan pendidikan segmen masyarakat kelas menengah ke atas. "Sekarang ini banyak orang berduit menyekolahkan anaknya di sekolah plus, yaitu yang pendidikan umumnya hebat dan agamanya juga oke. Kalau pesantren bisa menyiapkan pendidikan seperti itu bagus sekali," terangnya.

Tanggapan serupa juga datang dari Wakil Ketua PCNU Jember, H. Misbahussalam. Menurutnya, ke depan kecenderungan masyarakat untuk memilih pesantren sebagai tempat mencari ilmu semakin tinggi. Ini merupakan perkembangan yang positif di tengah-tengah pusaran arus global yang semakin sekuler.

"Karena itu, kecenderungan ini harus ditangkap oleh para kiai. Pesantren memang harus terus berbenah namun tak boleh mengorbankan ciri khas kepesantrenannya," ungkap mantan anggota DPRD Kabupaten Jember itu.

(arifan)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gerakan Ayo Mondok Harus Diimbangi Pembenahan Pesantren"

Post a Comment