Aktivis Rohis Harus Perkuat Wawasan Kebangsaan dan Sadar Keberagaman


Jakarta, Santrionline - Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementarian Agama RI H Amin Haedari menegaskan bahwa keterbukaan Rohis sebagai sebuah organisasi keagamaan di kalangan siswa di sekolah merupakan hal penting.

Oleh karena itu, lanjut Amin, pihaknya menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Rohis Nasional untuk kedua kalinya dengan mengangkat tema besar Islam ramah guna mewujudkan generasi yang bermartabat.

“Kami mengaharapkan oraganisasi Rohis ini lebih terbuka, belajar agama tidak usah ditutup-tutupi sehingga dapat menciptakan generasi ramah terhadap perbedaan dan keberagaman,” ujar Amin Haedari kepada NU Online sesaat setelah acara pembukaan Perkemahan Rohis Nasional, Selasa (3/5) di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.

Amin menjelaskan, konsep pembukaan yang dikemas dengan berbagai pakaian dan tarian adat daerah yang dibawakan oleh para siswa sendiri ini ingin menunjukkan bahwa keberagaman yang justru menciptakan persatuan ini bisa mewujudkan harmoni.

“Mereka perlu menyadari bahwa mereka hidup dalam keberagaman budaya sehingga sikap saling menghargai dan menghormati akan mewujudkan bangsa dan negara yang kuat, diperlukan wawasan kebangsaan” ucapnya.

Pria kelahiran Ciamis Jawa Barat ini berharap bahwa even nasional dengan semangat dan visi yang sama, yaitu menyebarkan Islam damai dan membangun generasi ramah di kalangan Rohis perlu dilaksanakan.

“Saya berharap kepada Kanwil Kemenag di seluruh provinsi dan kabupaten/kota untuk menjadikan kegiatan Perkemahan Nasional ini sebagai pendorong agar paham-paham radikal tidak mudah menyusup kepada mereka para Rohis,” tandasnya.

(NU Online/ Irma Andriyana)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aktivis Rohis Harus Perkuat Wawasan Kebangsaan dan Sadar Keberagaman"

Post a Comment