Sujud Kepada Selain Allah, Apakah Langsung Kafir?





Sujud Kepada Selain Allah, Apakah Langsung Kafir?
Para ulama menolak memberikan label kafir atau syirik secara langsung kepada siapapun yang bersujud kepada selain Allah hingga ditanyakan apakah niat sesungguhnya dari sujud tersebut.
Apabila orang tersebut sujud kepada selain Allah dengan niat ibadah kepada makhluk, maka hal tersebut bisa dihukum syirik dan keluar dari agama Islam.
Namun, apabila sujud tersebut dilakukan dengan niat sebagai penghormatan maka orang tersebut telah melakukan dosa tapi tidak bisa dikatakan keluar dari agama Islam. Sebab, sujud dengan niat penghormatan merupakan hal yang diharamkan oleh syariat kita namun dibolehkan dalam syariat sebelumnya.
Hal tersebut sebagaimana diungkapkan dalam Alquran surat Yusuf ayat 100 yang mengisahkan tentang sujudnya Nabi Ya'qub dan keluarganya kepada Nabi Yusuf.
"Dan mereka menaikkan kedua ibu bapaknya ke atas singgasana. Dan mereka semuanya bersujud kepada Yusuf...". {QS. Yusuf: 100}
Dalam hal ini, syariat-syariat yang diturunkan oleh Allah ke muka bumi ini tidak pernah mengalami perbedaan dalam hal akidah namun perbedaan tersebut berada dalam lingkaran hukum saja; boleh atau tidak boleh.
Sumber: Buku Al-Insaniyyah Qabla At-Tadayyun karangan Habib Ali Al-Jifri halaman 310

(arifan)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sujud Kepada Selain Allah, Apakah Langsung Kafir?"

Post a Comment