Subhanallah!! Jemaah Haul Guru Sekumpul Banyak yang Mengaku Merinding Setelah Mendengar ini


MARTAPURA, Santrionline ~Kerinduan yang  membuncah terhadap sosok Guru Sekumpul membuat lantunan Syair Khobbiri yang membahana menjadi pengobat rindu. Syair yang menceritakan tentang kerinduan terhadap nabi ini membuat bulu kuduk merinding dan membuat jemaah yang hadir larut dalam kerinduan pada puncak haul ke-11, Minggu (10/4) kemarin. Kehadiran ratusan ribu jemaah dalam puncak puncak haul memutihkan kawasan Sekumpul, Martapura sejak pagi hari. Jemaah ingin mendapatkan tempat sedekat mungkin dengan Musala Ar-Raudah.  Jumlah jemaah diperkirakan lebih besar dibandingkan dengan haul ke-10 tahun lalu.

Hal itu terlihat dari kepadatan jalur lalu lintas sejak pagi hari. Padatnya lalu lintas membuat u-turn di sepanjang Jalan A Yani dari Bundaran Banjarbaru hingga Pasayangan ditutup lebih awal dari rencana semula. Ketika menjelang Ashar, para jemaah sudah memadati seluruh area Musala Ar-Raudah. Tak ada celah sedikitpun untuk tempat melintas.

Area Sekumpul seketika berubah menjadi memutih, karena sebagian besar jemaah mengenakan kemeja dan jubah putih. Setelah azan berkumandang, para jemaah secara bersamaan menunaikan salat Ashar yang diimami oleh Guru Sa'duddin. Usai salat, jemaah lalu membaca Surah Yasin dan Surah Al-Mulk. Selanjutnya jemaah diperkenankan untuk menonton ceramah Abah Guru semasa hidup.

Ceramah yang ditayangkan oleh panitia haul di LCD proyektor di beberapa titik saf jemaah tersebut, seakan menjadi obat kerinduan para jemaah dengan Guru Sekumpul.
Seluruh jemaah terlihat fokus menghayati setiap isi ceramah yang dijelaskan oleh Abah Guru semasa hidup.

Sesekali jemaah tertawa dengan guyonan Guru Sekumpul, dan seketika kembali termenung saat Guru memberikan nasihat dalam ceramahnya.  Sementara jemaah fokus menonton ceramah Guru Sekumpul, para pejabat dan habib terlihat mulai berdatangan melalui pintu gerbang kubah yang dijaga oleh beberapa petugas.

Pejabat yang datang diantaranya Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Bupati Banjar H Khalilurrahman dan Wakilnya Saidi Mansyur. Datang juga Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming, dan mantan Gubernur Kalsel Rudy Ariffin. Kemudian dua mantan Wakil Bupati Banjar Fauzan Saleh dan Hatim Salman.

Suasana semakin khusyuk ketika pembacaan Ratib Al Al-Athos dimulai. Kemudian dilanjutkan dengan Ratib Al-Hadad. Setelah itu para jemaah mengumandangkan Salawat Syekh Seman. Lalu membaca istighfar dan terakhir membaca Salawat Ibnu Habas, yang keseluruhannya dipimpin oleh Guru H Sa'duddin.

Selesainya pembacaan Salawat Ibnu Habas, prosesi haul pun dimulai selepas Maghrib. Sebelumnya para jemaah menunaikan Salat Maghrib berjamaah terlebih dahulu. Salat yang juga diimami Guru Sa'duddin tersebut diikuti jemaah yang ada di musala maupun jemaah di jalan dan rumah yang kebetulan masih berada dalam jangkauan saf. Sementara jamaah yang ada di bagian depan musala membentuk saf tersendiri dengan imam sendiri.

Jemaah di depan mihrab langsung bershalawat begitu Badali bersaudara, yakni Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali memasuki mihrab sebagai tanda dimulainya pembacaan Maulid Habsy, yang biasa dilaksanakan rutin setiap malam Senin.

Acara dibuka dengan lantunan ayat suci Alquran oleh Guru Abdul Kholiq, dilanjutkan dengan alunan syair dan tabuhan terbang Maulid Habsy yang indah. Ratusan ribu jamaah pun ikut larut melantunkan syair pujian kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW ini.

      Syair Khobbiri membahana di udara Sekumpul, membuat bulu roma merinding. Kerinduan murid pada sang guru pun membuncah. Pecinta Nabi pasti akan tersentuh hebat jika mendengar syair pujian ini. Setelah Maulid Habsy, acara dilanjutkan dengan pembacaan Nasyid Tahlil yang dipimpin oleh Guru H Masdar.

      Para jemaah terlihat masih sangat khusyuk, dalam mengikuti pembacaan Nasyid Tahlil. Acara penutup adalah doa-doa yang dipimpin oleh Habib Ali Idrus. Setelah doa selesai, para jemaah melaksanakan salat Isya berjemaah.

(Radar Banjarmasin/ Irma Andriyana)

Subscribe to receive free email updates: