Rencana Indah Dari'Nya


Assalamu Alaikum Wr. Wb!

Aku bukan Santri tapi Aku punya keinginan menjadi Santri. Keinginanku Itu berawal setelah mendengar cerita temanku yang menjadi Santri di sebuah pondok pesantren.
Dia berkisah: "Di pondok Aku punya banyak teman, teman yang selalu memberikan motifasi, yang siap membantu jika Aku menemui kesulitan, begitupun sebaliknya. Sebab di pondok semua teman seperti saudara sendiri dan kamipun sadari bahwa kami memang saling membutuhkan.
Kalau dulu Aku sering mengandalkan kedua orang tuaku namun setelah jauh dari mereka Aku tidak bisa lagi secara langsung meminta bantuan kepada beliau, sehingga kami tau betapa berharganya seorang teman, mereka selalu ada untukku di saat Aku membutuhkan mereka.
Untungnya di pondok Aku juga mempunyai Ustad- Ustazah yang sangat baik, mereka mendidik kami dengan penuh tanggung jawab dan kasih sayang. Mereka mengajarkan ilmu yang insya Allah menjadi bekal kami di masa depan, dan untuk kebaikan dunia juga akhirat kami, ilmu yang belum tentu kami dapatkan di luar pondok. 

Ustad- Ustazahkupun sudah Aku anggap seperti orangtuaku sendiri walaupun tidak sama persis dengan orangtua kandungku. Jika kepada orangtua kandungku Aku bisa meminta apapun yang Aku inginkan, hal itu tidak bisa Aku lakukan kepada Ustad- Ustazahku dan justru itulah yang mengajariku untuk bersikap lebih dewasa dan mandiri.

Di pesantren kami dipisahkan antara akhwat dan ikhwat namun sesekali ada kegiatan yang mempertemukan kami sehingga kami juga bisa berkenalan dengan teman ikhwat, karena sudah terbiasa dipisahkan, saat bertemu kami merasa ada batasan-batasan yang harus kami jaga dan batasan itu sama sekali tidak membebani kami karena Ustad- Ustazah kami sudah memberikan ilmu yang cukup tentang hal itu, sehingga kami mengerti dan menyadari semua itu untuk kebaikan kami sendiri.
Selain itu, di pesantren kami tidak hanya diajari ilmu agama tapi juga ilmu pengetahuan umum bahkan juga banyak kegiatan ekstra kulikuler yang bisa jadi pilihan seperti: pramuka, sanggar seni, pencaksilat dll sehingga tidak membuat kami bosan karena kegiatannya tidak melulu belajar ilmu agama." kata temanku mengakhiri ceritanya sambil tersenyum bangga, terlihat sekali kebahagian dan kebanggaan diraut wajahnya.
Setelah mendengar cerita dari temanku, Aku ingin sekali menjadi Santri, namun itu tidak mungkin lagi karena Aku sudah kuliah semester akhir.

Namun ternyata Allah mempunyai rencana yang indah untukku, setelah lulus kuliah Aku mendapatkan tawaran untuk mengajar di sebuah pondok pesantren. SubhanaAllah Tidak bisa di bayangkan betapa senangnya Aku saat itu, karena tawaran itu merupakan salah satu keinginanku, menjadi bagian dari pondok pesantren di Nusantara ini, walaupun keadaanya berbeda.
Ya kalau dulu aku ingin belajar di pesantren kini aku harus mengajar di pesantren.
Dan aku akui ternyata mengajar di pesantren itu luar biasa, para Santri sangat bersemangat dalam belajar dan mereka berprestasi dalam berbagai ilmu pengetahuan bukan hanya di bidang agama, namun juga di bidang kesenian, sains, olahraga, bahasa, dll. Hal Ini merupakan nilai tambah bagi mereka.
Jika di luar pesantren para pelajar hanya mendapatkan ilmu pengetahuan umum dan sedikit ilmu agama, mereka justru ilmu agama yang banyak sekaligus ilmu pengetahuan umum yang sama porsinya di berikan kepada pelajar di luar pesantren. Cara belajar merekapun sangat santun, menghargai satu sama lain terutama kepada pendidik mereka.
Aku akui menjadi Santri itu memang keren!!!
InsyaAllah Akhiratnya dapat,
Dunianyapun tidak ketinggalan_
Bersemangatlah kalian para santri karena tidak semua orang mendapatkan anugerah ini
Wassalamu Alaikum Wr. Wb!
Oleh: Nana S.
Red: Isa Anshori

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rencana Indah Dari'Nya"

Post a Comment