Rektor Universitas di Lebanon Ingin Kerja Sama dengan NU


Rektor Universitas di Lebanon Ingin Kerja Sama dengan NU

Santrionline-Jakarta,

Ulama Sunni Lebanon, Syekh Abdul Nasser Jabri yang juga Rektor Universitas Kulliyatud Da‘wah Lebanon, Sabtu (2/4) siang waktu Beirut, berkunjung ke kediaman Duta Besar RI untuk Lebanon HA Chozin Chumaidy di Baabda untuk menyampaikan hasil kunjungannya ke Indonesia minggu lalu.

Di Indonesia, sekjen Harakatul Ummah (gerakan bangsa) ini bertemu dengan Menteri Agama, Mendikbud, dan Menkominfo. Syekh Jabri juga bersilaturahim ke Kantor PBNU serta shalat Jum’at di Masjid Istiqlal Jakarta. 

Sekretaris Duta Besar Ahmad Jalaludin melalui surat elektronik, Sabtu (2/4) melaporkan bahwa Syekh Jabri mengaku sangat terkesan dengan Indonesia dengan masyarakatnya yang santun dan memiliki paham-paham kemoderatan. Sebagaimana juga terkesan dengan pertumbuhan ekonomi yang tidak kalah maju dengan negara-negara Barat.

Dari hasil kunjungan tersebut, Syeikh Jabri mencatat beberapa hal di antaranya bahwa Indonesia memiliki peluang strategis sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim untuk lebih berperan di dunia Islam. Menurutnya, Indonesia juga harus menjaga masyarakatnya dari paham-paham yang dapat memecah belah umat. NU salah satunya diyakini sebagai ormas yang mampu menghadang paham-paham radikal. 

Syeikh Jabri yang dikenal sebagai tokoh Sunni moderat menyatakan kesediaannya bekerja sama dengan NU untuk menyebarkan paham-paham kemoderatan. Selanjutnya Dubes Chozin yang direspon positif keinginan tersebut menambahkan bahwa peran Indonesia di Timur Tengah diutamakan dengan pendekatan pendidikan dan kebudayaan untuk membangun jaringan Islam Moderat yang lebih kuat. 
(NU/arifan)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rektor Universitas di Lebanon Ingin Kerja Sama dengan NU"

Post a Comment