Pondok Pesantren Al-Anwar 3 Rembang

Santrionline~ 2011 adalah tahun didirikannya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Anwar oleh KH. Maimoen Zubair, pengasuh pondok pesantren besar Al-Anwar, Sarang. Kemudian disusul dengan didirikannya pondok pesantren Al-Anwar 3 yang didesain khusus untuk mahasiswa STAI Al-Anwar dan diasuh langsung oleh putra beliau yaitu Dr.KH. Abdul Ghofur Maimoen, MA. dan ibu Nyai. Hj. Nadia Jirjis, Lc, MS. I.. PP. Al-Anwar 3 bertempat di desa Gondanrojo, Sarang, Rembang dan terbagi menjadi pondok putra dan putri.

Program kegiatan dan proses pembelajaran yang dilaksanakan telah dirancang serta disesuaikan untuk mendukung penguatan kemampuan membaca kitab salaf bagi para santri sekaligus mahasiswa. Untuk menunjang program dan cita-cita pengasuh yaitu membentuk para santri yang sarjana dalam bidang keagamaan sebagai penerus ulama salaf, maka PP. Al-Anwar 3 membentuk lembaga pendidikan yaitu Muhadloroh / Madrasah Diniyah Taklimiyah yang telah mendapatkan izin operasional dari Kementerian Agama. Selain itu, program tahfidz Al-Qur’an juga dilaksanakan untuk menunjang persyaratan kuliah. Melalui bimbingan belajar yang terkonsep tersebut, diharapkan PP.Al-Anwar 3 dapat mencetak kader-kader santri sekaligus mahasiswa yang disamping cakap dalam bidang ilmu agama juga cakap dalam bidang keilmiahan.  Hal itu didukung adanya kultur ilmiyah pondok pesantren Al-Anwar Sarang yang telah mengakar dan telah terbukti melahirkan para ulama di berbagai penjuru nusantara.

Al-Anwar 3 dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti gedung yang memadai. Sehingga membantu para santri belajar dengan nyaman serta efektif.

(Suarapesantren/ Irma Andriyana)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pondok Pesantren Al-Anwar 3 Rembang"

  1. bisa ngak ya... daftar jadi dosen di Al-Anwar 3 sambil hafalan Qur'an.
    tapi aku jurusan Fisika

    ReplyDelete