PCI Muslimat NU Sudan dan PPPI Sudan Adakan Bakti Sosial


Khartoum, Santrionline ~PCI Muslimat NU Sudan dan Persatuan Pelajar Putri Indonesia (PPPI Sudan) yang bekerjasama dengan Organisasi Keagamaan Mustyaqun ilal Jannah Sudan menyelenggarakan bakti sosial di kota Omdurman Negara Sudan baru-baru ini.
Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari bidang Hubungan Luar Negeri dan Pengembangan Jejaring PCI Muslimat NU Sudan. Pada tahun sebelumnya, PCI Muslimat NU Sudan juga telah bekerja sama dengan organisasi ini dalam kegiatan yang sama. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini PCI Muslimat NU Sudan memperluas hubungan jejaring sosialnya dengan menerima tawaran PPPI Sudan, selaku organisasi  pelajar putri di Sudan untuk bekerjasama dalam melaksanaan kegiatan yang sama. 

Lokasi bakti sosial ini di salah satu pedalaman daerah Omdurman, di desa Ibadurrahman. Desa ini terletak jauh dari keramaian kota. Dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menempuh perjalanan dari Khartoum ke desa Ibadurrahman. Kondisi desa ini sangat memprihatinkan, terlihat dari rumah-rumah penduduk yang terbuat dari karung-karung bekas dan masih beralaskan tanah. Di daerah ini juga belum terdapat listrik dan masih kesulitan air, bahkan untuk mandi  mereka harus menghemat air yakni seminggu sekali. Untuk membeli kebutuhan sehari-hari mereka harus pergi ke daerah kota yang lumayan jauh. Tidak di jumpai pohon-pohon  rimbun, hampir menyerupai  desa di tengah gurun pasir luas.

Rona kebahagiaan terpancar di wajah penduduk desa Ibadurrahman, ketika rombongan bus sampai di tempat. Tanggapan mereka dalam kegiatan ini sangat senang dan berapresiasi penuh. Ketika acara seremonial, anak-anak kecil dan para ibu-ibu rumah tangga ikut andil penampilan di akhir acara. Bantuan yang diami salurkan berupa pakaian-pakaian bekas yang masih layak pakai, alat-alat tulis, mainan dan makanan-makanan pokok.  Bantuan ini berasal dari warga negara Indonesia yang berada di Sudan. 

”Ketika ghubar (badai debu) datang rumah-rumah kami hancur, jika ghubar telah reda kami membenahi rumah kami kembali. Untuk menuju rumah sakit terdekat harus menempuh perjalanan sekitar satu jam. Desa kami belum terjamah oleh pemerintah, kami berharap bantuan seperti ini selalu datang supaya beban kami terkurangi. Kami sangat senang dan berterima kasih atas semua bantuan yang diberikan,” kata salah seorang ibu rumah tangga di desa tersebut.   


Turut serta Rais Syuriyah PCI NU Sudan, H Sidik Ismanto. “Saya sangat mengapresiasi sekali bakti sosial yang diselenggarakan oleh PCI Muslimat NU Sudan yang bekerja sama dengan beberapa pihak. Program ini membuktikan bahwa PCI Muslimat NU Sudan punya kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat sekitar. Saya benar-benar tidak menyangka bahwa hanya beberapa kilometer dari ibukota Sudan ternyata masih ada desa yang masyarakatnya hidup sangat memprihatinkan. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana mereka dapat bertahan hidup di rumah-rumah kain yang tidak permanen seperti ini, ditambah lagi dengan cuaca Sudan yang panas sekali. Sangat tepat jika penyaluran bantuan di lokasi ini.”

Dalam kegiatan ini H Kaustar Afdhal selaku ketua PPI Sudan turut terjun lapangan dalam membagikan bantuan “Kedatangan kami di desa tersebut disambut dengan suka cita oleh masyarakat setempat, meskipun rasanya tidak begitu besar nominal bantuan yang dapat kami berikan kepada mereka.” Red: Mukafi Niam

(NU Online/ Irma Andriyana)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PCI Muslimat NU Sudan dan PPPI Sudan Adakan Bakti Sosial"

Post a Comment