Ayo Daftar, Festival Rebana Nasional di ITB!

Jakarta, Santrionline-Unit Rebana ITB (Institut Teknologi Bandung) bakal menggelar Grand Festival Rebana Nasional pada 26-27 Maret 2016 di Aula Timur ITB, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan yang mengolaborasikan shalawat dan seni music ini menyajikan lomba rebana banjari murni, rebana nusantara, dan nasyid dengan tema “Simfoni Rebana Negeri”.

Tema tersebut diangkat untuk mempersatukan seluruh tim-tim rebana perguruan tinggi di seluruh Indonesia agar selaras dan saling melengkapi dalam melestarikan rebana. Sebagai hasilnya, diharapkan semua perguruan tinggi yang memiliki tim rebana semakin semangat dalam syiar dan pelestarian seni tradisional khususnya rebana di daerahnya masing-masing.

“Pada tahun 2014 URI (Unit Rebana ITB) telah sukses dalam menyelenggarakan festival rebana se-Bandung Raya dan di tahun ini, URI akan menyelenggarakan festival rebana tingkat nasional,” demikian rilis yang diterima NU Online, Jumat (18/3).

Pendaftaran lomba ini dibuka 4 Februari sampai 17 Maret 2016. Festival yang jumlah pesertanya dibatasi ini membagi perlombaan dalam tiga kategori, yakni rebana banjari, rebana nusantara, dan nasyid. Informasi seputar registrasi dapat diperoleh dengan menghubungi 085866307084 (Abror) atau media sosial resmi festival ini.

Selain perlombaan rebana dan nasyid, festival ini juga berisi diskusi ilmiah dan seminar seputar musik dalam Islam. Sejumlah narasumber yang disiapkan antara lain Dang Faturrahman (pengamat musik yang juga akan menjadi juri di salah satu kategori lomba), Sabrang alias Noe “Letto” (vokalis grup band Letto), Acep Zamzam Noor (budayawan dan seniman), serta Khofifah Indar Paranwansa (Menteri Sosial RI). Diskusi ilmiah rencananya digelar pada hari kedua, yaitu Ahad pukul 18.30 WIB. Pihak panitia juga mengundang  mantan ibu Negara Ny Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid,

Unit Rebana ITB atau disingkat URI merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam bidang kesenian musik islam, yaitu rebana. URI merupakan salah satu unit yang menggemakan shalawat di kampus Ganesha dengan menyelenggarakan kegiatan shalawat dalam berbagai bentuk. (NU Online/Aw)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ayo Daftar, Festival Rebana Nasional di ITB!"

Post a Comment